Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 1 (2025): November

Evaluasi Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar

Ningtyas, Zahra Puspita (Unknown)
Zaharuddin, Zaharuddin (Unknown)
Rusika, Diah Cahyaning (Unknown)
Salsabella Putri, Moza Thania (Unknown)
Rahmadana, Revano Alfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Fokus utama penelitian adalah untuk mengidentifikasi pendekatan pembelajaran yang efektif dalam membantu siswa memahami konsep matematika serta mengatasi hambatan yang muncul selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan studi dokumentasi yang dilaksanakan di SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis terhadap laporan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi untuk mengidentifikasi pola dan strategi yang diterapkan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika meliputi penggunaan media pembelajaran kontekstual, pemberian soal berdasarkan tingkat kemampuan siswa, pembiasaan belajar mandiri di rumah, serta pendekatan yang menekankan pada penguatan motivasi dan rasa percaya diri siswa. Guru juga berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk mengurangi kecemasan siswa terhadap matematika. Hasil ini menegaskan bahwa strategi pembelajaran yang adaptif dan berorientasi pada kebutuhan siswa mampu meningkatkan pemahaman konsep, hasil belajar, dan minat siswa terhadap matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...