Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran berbasis literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III sekolah dasar. Metode kuantitatif digunakan sebagai pendekatan utamanya dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Temuan dari pengamatan terhadap kegiatan belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan rata-rata skor aktivitas siswa sebelum pembelajaran 65 dan setelah pembelajaran 80. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran literasi numerasi terhadap hasil belajar siswa, instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar soal tes dan observasi aktivitas siswa. Hasil belajar siswa dari uji validitas setiap butir soal dan variabel memiliki r hitung > r tabel 0,413, uji reliabilitas Cronbac'h Alpha dari pretest 0,799 dan posttest 0,956, nilai t hitung Paired Sample t test sebesar -11,567. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulkan bahwa tindakan atau intervensi yang dilakukan memberikan dampak tertentu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perubahan skor antara pretest dan posttest. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan ini memiliki dampak yang signifikan yang mengindikasikan bahwa kualitas proses pembelajaran siswa berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut serta menghasilkan pencapaian yang positif untuk semua siswa. Pembelajaran berbasis literasi numerasi merupakan strategi yang efektif dalam mendukung pencapaian kompetensi matematika di tingkat pendidikan dasar.
Copyrights © 2025