Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 11 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi November

PERAN CONTENT CREATOR SEBAGAI EDUKASI HALAL AWARENESS PADA UMKM DI PASAR TRADISIONAL BANGKALAN

Wahdatul Nadia Rawi (Unknown)
Nabila Ika Ariyanti (Unknown)
Riski Rahmawati (Unknown)
Muhammad Ersya Faraby (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2025

Abstract

Kesadaran akan nilai-nilai keagamaan, kualitas, dan kesehatan produk telah mendorong meningkatnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya produk halal. Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kini semakin termotivasi untuk tidak hanya menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, tetapi juga memastikan bahwa produk mereka memenuhi standar halal yang diakui secara resmi oleh lembaga terkait, seperti Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Upaya edukasi menjadi aspek penting dalam meningkatkan kesadaran halal, salah satunya melalui peran content creator. Kemudahan akses terhadap berbagai platform media sosial menjadikan content creator sebagai sumber informasi yang menarik dan mudah diikuti oleh masyarakat. Dengan jumlah pengikut yang besar, mereka memiliki pengaruh dalam membentuk pola pikir dan gaya hidup, termasuk dalam mendorong pemahaman terkait produk halal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran komprehensif mengenai kontribusi content creator dalam meningkatkan kesadaran produk halal di kalangan UMKM maupun masyarakat luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...