Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pembelajaran yang efektif dalam pengajaran menulis teks biografi. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur (literature review). Sumber data diperoleh dari pangkalan data Google Scholar dengan bantuan ekstensi Excitation untuk menampilkan indeks artikel pada hasil pencarian. Kata kunci yang digunakan mencakup “strategi pembelajaran menulis biografi”, “learning strategies for writing biographies”, dan “teaching biographical writing”. Artikel yang diseleksi memenuhi kriteria inklusi: diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir, relevan dengan topik strategi pembelajaran menulis biografi, serta berasal dari jurnal nasional terindeks Sinta 1–4 atau jurnal internasional bereputasi. Hasil tinjauan terhadap lima artikel menunjukkan tiga strategi yang paling sering digunakan, yaitu pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran inkuiri. Ketiga strategi tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menulis teks biografi melalui kegiatan kolaboratif, pemecahan masalah, dan eksplorasi mendalam terhadap tokoh biografi.
Copyrights © 2025