Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 12, No 1 (2025): Lemma: Letters of Mathematics Education

IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA BANGUN RUANG SISI DATAR

Manopo, Al Fizran (Unknown)
Badu, Syamsu Qamar (Unknown)
Isa, Dewi Rahmawati Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Telaga yang terdiri dari 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TPS dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar matematika. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II, dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal juga meningkat. Dengan demikian, model pembelajaran TPS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...