Transformasi pendidikan anak usia dini menuntut pendekatan pembelajaran yang bermakna dan mendalam. Namun, guru PAUD masih menghadapi tantangan dalam menyusun rencana pembelajaran yang mengacu pada prinsip deep learning. Tiga prinsip utama deep learning adalah mindful (berkesadaran), meaningful (bermakna), dan joyful (menggembirakan). Pendekatan ini berfokus pada pemahaman konsep secara komprehensif serta pengembangan keterampilan berpikir kritis sejak dini. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4 yang menekankan pentingnya pendidikan berkualitas, inklusif, dan merata bagi semua. Selain itu, konsep meaningful learning juga berperan penting, karena terjadi ketika anak mampu mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki, sehingga meningkatkan pemahaman, motivasi, dan hasil belajar. Kurikulum yang mendukung meaningful learning menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan menarik bagi anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru PAUD dalam merancang pembelajaran berbasis deep learning. Fokusnya meliputi penyusunan indikator capaian perkembangan, perancangan kegiatan eksploratif dan reflektif, serta evaluasi autentik. Melalui pendekatan partisipatif dan pendampingan berkelanjutan, diharapkan guru mampu menyusun perangkat pembelajaran yang menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak secara holistik dan kontekstual.
Copyrights © 2025