SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 4 (2025)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 2 KOTA PALANGKA RAYA

Yuliana, Yuliana (Unknown)
Jasiah, Jasiah (Unknown)
Rahmad, Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2025

Abstract

This research is motivated by the low learning outcomes of fourth-grade students in mathematics, particularly division, in MIN 2 Palangka Raya City. This was identified as a result of teacher-centered learning, which was deemed ineffective. This condition underlies the need for interactive learning models and media to increase student engagement. The focus of this research is to determine the significant effect of the implementation of the Problem-Based Learning (PBL) model integrated with Liveworksheets on learning outcomes. This research used a quantitative method with a quasi-experimental One Group Pretest-Posttest Design (IVA) in one class selected through purposive sampling. Key stages of the research included administering a pretest to measure students' basic abilities, implementing the PBL model with Liveworksheets for two meetings, and administering a posttest to measure the impact of the treatment. Data were also collected through observations of the learning implementation. The main findings indicate a significant improvement in learning outcomes, with the average pretest score of 48.04 increasing to 75.54 on the posttest. The learning implementation was also recorded as highly effective (average 98.89%). This finding is supported by the results of the Paired Sample T-Test, which showed a significance value of 0.000 (<0.05), meaning H? is rejected. It was concluded that the implementation of the PBL model assisted by Liveworksheets significantly improved student learning outcomes in division. ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pembagian di kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya, yang diidentifikasi akibat pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan dinilai belum efektif. Kondisi ini mendasari kebutuhan akan model serta media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan media Liveworksheets terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental tipe One Group Pretest-Posttest Design pada satu kelas (IVA) yang dipilih melalui purposive sampling. Tahapan penting penelitian meliputi pemberian tes awal (pretest) untuk mengukur kemampuan dasar siswa, penerapan perlakuan model PBL berbantu Liveworksheets selama dua pertemuan, dan pemberian tes akhir (posttest) untuk mengukur dampak perlakuan. Data juga dikumpulkan melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran. Temuan utama menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan, dimana nilai rata-rata pretest 48,04 meningkat menjadi 75,54 pada posttest. Keterlaksanaan pembelajaran juga tercatat sangat efektif (rata-rata 98,89%). Temuan ini diperkuat oleh hasil uji Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti H? ditolak. Disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantu media Liveworksheets berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pembagian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...