SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 4 (2025)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS V SDN 13 KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

S, Nanda Tri Annisa (Unknown)
Isnanto, Isnanto (Unknown)
Marshanawiah, Andi (Unknown)
Aries, Nur Sakinah (Unknown)
Assel, Hadi Yamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

This study aims to determine the effect of the problem-based learning (PBL) model assisted by Napier's rods on problem-solving skills in multiplication of whole numbers among fifth-grade students of SDN 13 Kwandang. This study employed a quantitative method with a pre-experimental design using a one-group pretest-posttest design. The population consisted of all fifth-grade students, with a sample of 16 students. Data collection techniques included a problem-solving skills test instrument, an observation sheet, and documentation. Based on the test results before and after treatment, the average score prior to treatment was 27.25, whereas after treatment it increased to 75.31, indicating a descriptive difference in learning outcomes. Furthermore, hypothesis testing utilizing SPSS 25.0 through the t-test showed a significance value of 0.00 0.05, indicating Ho was rejected and Hi was accepted. The average N-gain score was 0.6664, categorized as moderate. This indicates that the problem-based learning model assisted by Napier's rods had an effect on problem-solving skills in multiplication of whole numbers among fifth-grade students of SDN 13 Kwandang, North Gorontalo Regency. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media batang napier terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi perkalian bilangan cacah siswa kelas V SDN 13 Kwandang.  Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design dengan rancangan One-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Va sampel yaitu 16 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes instrumen kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil data tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata sebelum perlakuan adalah 27.25 dan setelah perlakuan adalah  75.31 secara deskriptif terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS 25.0 hasil uji-t yang didapatkan nilai sig 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak sedangkan H1 diterima, dan rata-rata hasil N-gain termasuk dalam kriteria sedang dengan nilai 0,6664 artinya terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media batang napier terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi perkalian bilangan cacah siswa kelas V SDN 13 Kwandang kabupaten Gorontalo Utara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...