SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 4 (2025)

POLA PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA BOARDING SCHOOL DAN NON-BOARDING SCHOOL PADA MATERI LAJU REAKSI

Wulandari, Ayu (Unknown)
Aini, Faizah Qurrata (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

Conceptual understanding is a crucial aspect of learning, especially in science subjects such as chemistry, which require more than mere memorization of information. It involves the ability to connect, interpret, and apply knowledge in various contexts. As chemistry is largely abstract and complex, deep conceptual mastery is essential for meaningful application in real-life situations. Reaction rate material, in particular, is often perceived as difficult, making it a challenge for many students. This study aims to analyze the patterns of conceptual understanding among boarding school and non-boarding school students on the topic of reaction rates using a qualitative approach to explore their comprehension in depth. The results show variations in the mastery of basic and complex concepts; boarding school students tend to have a more structured understanding but still face challenges in explaining deeper aspects such as the function of catalysts and the influence of temperature, while non-boarding school students display good initiative and scientific reasoning although their grasp of fundamental concepts needs improvement. Therefore, adaptive and contextual learning approaches are needed to optimize conceptual understanding in both groups. These findings emphasize the importance of effective learning strategies to overcome difficulties and misconceptions while enhancing students’ critical thinking and scientific reasoning skills to help them understand chemical concepts more comprehensively and applicably. ABSTRAKPemahaman konsep merupakan aspek penting dalam pembelajaran, terutama pada mata pelajaran sains seperti kimia yang menuntut kemampuan lebih dari sekadar mengingat informasi. Pemahaman tersebut mencakup kemampuan mengaitkan, menafsirkan, dan menerapkan pengetahuan dalam berbagai konteks. Materi kimia, yang sebagian besar bersifat abstrak, memerlukan penguasaan konsep yang mendalam agar dapat diaplikasikan dalam situasi nyata. Ilmu kimia dikenal memiliki tingkat kesulitan tinggi, sehingga sering menjadi tantangan bagi siswa, khususnya pada materi laju reaksi yang banyak dianggap sulit. Oleh sebab itu, pola pemahaman konseptual sangat diperlukan untuk mengkaji sejauh mana siswa memahami materi yang kompleks ini. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola pemahaman konseptual siswa boarding school dan non-boarding school pada materi laju reaksi dengan pendekatan kualitatif guna menggali pemahaman secara mendalam. Hasil kajian menunjukkan variasi dalam penguasaan konsep dasar dan kompleks; siswa boarding school cenderung memiliki pemahaman yang terstruktur namun masih kesulitan menjelaskan aspek mendalam seperti fungsi katalis dan pengaruh suhu. Sementara siswa non-boarding school menunjukkan inisiatif dan penalaran ilmiah yang baik meskipun penguasaan konsep dasar masih perlu diperkuat. Pendekatan pembelajaran adaptif dan kontekstual sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pemahaman konseptual kedua kelompok. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi pembelajaran yang efektif untuk mengatasi kesulitan dan miskonsepsi, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan reasoning ilmiah siswa sehingga dapat membantu mereka memahami konsep kimia secara lebih utuh dan aplikatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...