Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 4 (2025): November

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kepercayaan Diri

Firnanda, Riska Faya (Unknown)
Prayitno, Sudi (Unknown)
Kurniati, Nani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari tingkat kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Gunungsari, Lombok Barat, dengan subjek penelitian sebanyak 2  kelas VIII dan sampel penelitian 6 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Melalui pemecahan masalah, siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis, dan sistematis. Berdasarkan hasil wawancara pendahuluan dengan guru matematika, ditemukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami soal, kurang percaya diri untuk bertanya, dan cenderung bergantung pada bantuan orang lain ketika menyelesaikan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kepercayaan diri tinggi mampu melaksanakan seluruh tahapan pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan melihat kembali. Subjek dengan kepercayaan diri sedang mampu melaksanakan hingga tahap pelaksanaan penyelesaian, sedangkan subjek dengan kepercayaan diri rendah hanya mampu melaksanakan tahap memahami masalah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam merancang pembelajaran yang mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa serta memperkuat kemampuan pemecahan masalah matematika mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...