J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2025): J-PiMat

Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menerapkan Model CTL Berbantuan Media Realia

Putri, Suci Rahma (Unknown)
Gustina, Ela (Unknown)
Hasibuan, Rusdi Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Hasil belajar matematika siswa sekolah dasar masih relatif rendah, terutama ketika berhadapan dengan soal nonrutin yang menuntut keterampilan berpikir kritis. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media realia, yang diharapkan dapat mengaitkan konsep matematika dengan pengalaman nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa setelah penerapan model CTL berbantuan media realia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek enam orang siswa di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Dharmasraya. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar berupa empat soal esai dan dilengkapi dengan observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa adalah 60, dengan empat siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tingkat Pencapaian (KKTP). Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun CTL berbantuan media realia mampu membantu siswa memahami konsep secara lebih konkret, sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal nonrutin. Oleh karena itu, diperlukan pendampingan intensif serta latihan berkelanjutan agar siswa terbiasa menghadapi variasi soal dan mampu mencapai ketuntasan belajar yang optimal.Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, media realia, hasil belajar matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...