J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2025): J-PiMat

Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas V

Marsela, Marsela (Unknown)
Wahyuni, Rika (Unknown)
Buyung, Buyung (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V SDS Torsina II Singkawang, (2) mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa, serta (3) menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif matematis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian terdiri atas seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 orang, yang ditetapkan sebagai sampel dengan teknik total sampling agar hasil mencerminkan kondisi faktual populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui dua instrumen, yaitu soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis dan kuesioner untuk menilai kecerdasan emosional siswa. Sebelum digunakan, kedua instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya guna memastikan akurasi serta konsistensi data. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,388, yang lebih tinggi dari nilai r tabel sebesar 0,361. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima, yang berarti terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, semakin besar pula kemampuan mereka dalam berpikir kreatif dan menyelesaikan permasalahan matematika secara inovatif.Kata Kunci: kecerdasan emosional, berpikir kreatif matematis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...