J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2025): J-PiMat

Efektivitas Model Pembelajaran ARCS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Adzikra, Afwa Nabila (Unknown)
Hermanto, Redi (Unknown)
Santika, Satya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Model ARCS menekankan empat prinsip, yaitu menarik perhatian, mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan kepuasan belajar. Banyak siswa SMP Negeri 7 Tasikmalaya masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika, padahal kemampuan ini sangat penting dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental dengan rancangan posttest-only nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII, dengan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan VII C sebagai kelompok kontrol yang dipilih melalui cluster random sampling. Tes esai digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji hipotesis menggunakan SPSS versi 22 menunjukkan nilai signifikansi 0,014 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata posttest lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran ARCS dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Secara tidak langsung, hasil penelitian ini berkontribusi terhadap masyarakat melalui peningkatan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Peningkatan tersebut dapat membentuk siswa yang lebih terampil dalam memecahkan masalah, sehingga mampu menerapkan kemampuan matematisnya dalam kehidupan sehari-hari.Kata Kunci: Model Pembelajaran ARCS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...