J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2025): J-PiMat

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Siswa

Murni Hulu, Elvin Syah (Unknown)
Lase, Sadiana (Unknown)
Mendrofa, Ratna Natalia (Unknown)
Mendrofa, Netti Kariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMP. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya capaian literasi numerasi siswa Indonesia pada studi internasional serta tuntutan Kurikulum Merdeka yang menekankan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tuhemberua yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian berupa tes literasi numerasi yang telah divalidasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan literasi numerasi pada kelas eksperimen yang diajar dengan Learning Cycle 7E. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 37,50 meningkat menjadi 78,75, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 30,00 menjadi 62,50. Hasil uji t independen memperoleh t-hitung = 5,21 dengan sig. = 0,000 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Kesimpulannya, model Learning Cycle 7E terbukti lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional dalam meningkatkan literasi numerasi, sehingga dapat dijadikan strategi alternatif pembelajaran matematika di SMP. Kata Kunci: Learning Cycle 7E, literasi numerasi, pembelajaran matematika

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...