Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 6 (2025): In Progress

Pengaruh Model Buddy Reading untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

Zalfa, Fauziah Alya (Unknown)
Latif, Latif (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2025

Abstract

Rendahnya minat baca siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan serius dalam peningkatan literasi di Indonesia, sebagaimana tercermin dari hasil PISA yang menunjukkan kemampuan membaca di bawah rata-rata internasional. Kondisi ini diperburuk oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurang memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model Buddy Reading terhadap peningkatan minat baca siswa kelas III SD Negeri 89 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pra-eksperimen one group pretest-posttest pada 34 siswa. Instrumen berupa angket minat baca yang valid dan reliabel, dengan analisis menggunakan Paired Samples t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest sebesar 44,41 meningkat menjadi 51,18 pada posttest. Nilai thitung sebesar -11,300 dan nilai signifikansi (p<0,001) mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, model Buddy Reading berpengaruh positif secara signifikan terhadap peningkatan minat baca siswa. Kebaruan penelitian ini terletak pada penerapan Buddy Reading sebagai strategi literasi kolaboratif yang mendukung kompetensi abad ke-21 dan relevan dengan implementasi Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...