Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat menulis ayat-ayat Al-Qur'an dalam mengembangkan karakter bertanggung jawab pada siswa sekolah dasar, khususnya mata pelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pucuk, Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, menggunakan observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Penelitian ini menekankan peran guru, partisipasi siswa, dan internalisasi nilai-nilai Islam. Pendekatan pembiasaan diterapkan untuk menumbuhkan keterampilan melalui praktik berulang. Informan dipilih secara purposive sampling, yang meliputi guru Agama Islam dan siswa kelas atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menulis ayat Al-Qur'an dilakukan dalam tiga tahap: penugasan, pelaksanaan di rumah, dan tanggung jawab di sekolah. Kegiatan ini menumbuhkan karakter bertanggung jawab melalui kesadaran diri, konsistensi, internalisasi nilai-nilai, dan tanggung jawab spiritual. Guru berperan sebagai fasilitator, membimbing siswa dalam memahami nilai tanggung jawab. Metode pembiasaan terbukti efektif dalam menanamkan disiplin, tanggung jawab, dan nilai-nilai Islam, yang pada gilirannya memengaruhi perkembangan karakter, keterampilan sosial, dan spiritualitas siswa. Temuan-temuan ini memberikan kontribusi teoretis terhadap literatur tentang pembiasaan (habibation method) dalam pendidikan Al Islam dan manfaat praktis bagi guru dan lembaga pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran berbasis nilai yang inovatif. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas studi ke sekolah-sekolah dengan latar belakang sosial budaya yang berbeda untuk pemahaman yang lebih komprehensif tentang efektivitas pembiasaan ayat-ayat Al-Qur'an dalam mengembangkan karakter tanggung jawab siswa dengan dukungan keluarga dan lingkungan sekitar.
Copyrights © 2025