Latar Belakang: Siswa sekolah dasar disinyalir kurang terampil dalam melakukan cuci tangan enam langkah. Menurut data dari Survei Kesehatan Indonesia tahun 2023, terdapat 48,2% yang mencuci tangan dengan cara yang tidak sesuai standar WHO. Tujuan: Menganalisis pengaruh video handwashing dance terhadap keterampilan mencuci tangan enam langkah pada siswa sekolah dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperiment tipe pretest posttest with control group. Penelitian dilakukan pada Juni 2025 dengan 54 responden siswa kelas dua yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok intervensi masing-masing 27 siswa, dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berdasarkan enam langkah cuci tangan dari WHO. Analisis data dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil: Berdasarkan Uji statistik Mann-Whitney diperoleh nilai p-value 0,000 dengan nilai (p-value < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Artinya pemberian video handwashing dance memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan cuci tangan enam langkah pada siswa. Kesimpulan: Video handwashing dance merupakan media yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan cuci tangan enam langkah pada siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025