Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dan dampak pengembangan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MA Darul Ulum Karangpandan Pasuruan, Indonesia, dengan fokus pada peningkatan relevansi dan efektivitas sebagai respons terhadap globalisasi dan perubahan sosial-budaya. Dengan menggunakan desain studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa PAI, serta analisis dokumen pembelajaran. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Studi ini mengungkapkan bahwa pengembangan materi PAI melalui kontekstualisasi, integrasi kearifan lokal, dan pemanfaatan media digital secara signifikan memperkuat hubungan antara ajaran Islam dan pengalaman nyata siswa. Inovasi-in-inovasi ini terbukti meningkatkan keterlibatan siswa, meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Islam, dan menumbuhkan sikap religius yang positif. Penelitian ini memberikan model praktis untuk pengembangan materi PAI yang kontekstual dan berbasis digital di madrasah. Studi ini mengisi celah kritis dalam literatur dengan memberikan bukti empiris tentang bagaimana inovasi kurikulum yang terlokalisasi dapat meningkatkan relevansi dan efektivitas pembelajaran, serta menyajikan strategi yang dapat direplikasi untuk lembaga pendidikan Islam sejenis.
Copyrights © 2025