Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

PERKEMBANGAN JANIN DALAM KANDUNGAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM: PENDAHULUAN, METODOLOGI, HASIL, DISKUSI, KESIMPULAN

Lia Laili Rosadah (Unknown)
Cukup Islamiarso (Unknown)
Yulia Wahyuni (Unknown)
Kasinyo Harto (Unknown)
Irja Putra Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2025

Abstract

Pendidikan manusia sesungguhnya dimulai sejak masa prenatal, ketika janin masih berada dalam kandungan. Masa ini merupakan fase penting bagi pembentukan aspek fisik, psikologis, dan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan perkembangan janin berdasarkan kajian ilmiah dan perspektif Islam, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan janin, serta mengidentifikasi implikasinya terhadap pendidikan, khususnya dalam pembinaan karakter peserta didik. Kajian literatur menunjukkan bahwa perkembangan janin melalui tiga tahap utama: germinal, embrionik, dan fetal, yang dipengaruhi oleh faktor genetik, kesehatan ibu, asupan gizi, kondisi emosional, serta spiritualitas ibu selama kehamilan. Dalam perspektif Islam, Al-Qur’an (Q.S. Al-Mu’minun [23]:12–14) menekankan penciptaan manusia secara bertahap dan pendidikan ilahiah sejak dalam rahim, menegaskan pentingnya perhatian terhadap kondisi prenatal sebagai fondasi pembentukan karakter dan kemampuan belajar anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan prenatal, termasuk stimulasi positif dan bimbingan spiritual, berkontribusi signifikan terhadap perkembangan fisik, emosional, dan spiritual anak. Temuan ini menegaskan perlunya integrasi prinsip pendidikan Islam dan ilmu perkembangan prenatal dalam upaya membentuk generasi yang sehat, berkarakter, dan siap menghadapi pendidikan formal sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...