Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DI MA NURUL IKHWAN, MAROS

Milda (Unknown)
Bunyamin, Andi (Unknown)
Mustamin (Unknown)
Wahab, Abdul (Unknown)
Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis permasalahan yang dialami peserta didik serta strategi guru Bimbingan dan Konseling (BK) Islam dalam mengatasi permasalahan tersebut di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Ikhwan Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menghadapi berbagai masalah yang dapat dikategorikan ke dalam empat aspek utama, yaitu masalah akademik, sosial, emosional, dan disiplin. Permasalahan akademik umumnya disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar dan manajemen waktu yang kurang baik, sedangkan masalah sosial muncul akibat kesulitan beradaptasi dan kurangnya kemampuan komunikasi. Masalah emosional berkaitan dengan kecemasan, stres, serta rendahnya kepercayaan diri, sementara masalah disiplin terlihat dari pelanggaran ringan terhadap tata tertib sekolah. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, guru BK Islam menerapkan strategi preventif, kuratif, dan pengembangan berbasis nilai-nilai Islam melalui kegiatan keagamaan, konseling individual dan kelompok, serta pembinaan karakter. Pendekatan spiritual ini terbukti efektif dalam membantu siswa mengelola emosi, memperbaiki perilaku, dan meningkatkan kesadaran religius. Dengan demikian, strategi guru BK Islam di MA Nurul Ikhwan Kabupaten Maros berperan penting dalam membentuk peserta didik yang berakhlak, disiplin, dan berkepribadian islami.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...