Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE START WITH A QUESTION DI SEKOLAH DASAR: Pendahuluan, Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka

Qamariah, Elfita (Unknown)
Marta, Rusdial (Unknown)
Fadhilaturrahmi (Unknown)
Sumianto (Unknown)
Mufarizuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas V UPT SDN 008 Muara Uwai, dengan ketuntasan klasikal awal hanya 25%. Masalah ini diidentifikasi bersumber dari pembelajaran yang berpusat pada guru (ceramah) sehingga siswa pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui penerapan model Cooperative Learning Start With A Question. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 8 siswa Kelas V. Pengumpulan data dilakukan melalui tes (kuantitatif) dan observasi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 25% pada pra-tindakan, menjadi 50% pada akhir Siklus I, dan berhasil mencapai 100% pada akhir Siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Start With A Question, setelah melalui perbaikan prosedur pada siklus kedua, terbukti berhasil meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...