Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran Life A Rise yang terintegrasi dengan Role Play dan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi gambaran rute perjalanan dalam teks petunjuk dan teks deskripsi di kelas IVB SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum model Life A Rise digunakan, siswa cenderung pasif dan kegiata belajar lebih didominasi oleh penjelasan guru. Setelah penerapan model Life A Rise, keaktifan siswa meningkat secara signifikan, ditandai dengan keterlibatan aktif dalam diskusi, simulasi peran, serta peningkatan rasa percaya diri dan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, penerapan model Life A Rise yang terintegrasi dengan Role Play dan PBL terbukti mampu mendorong keaktifan belajar, memperkuat interaksi sosial, serta meningkatkan kemampuan komunikasi fungsional dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Copyrights © 2025