Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

KONSELING KELOMPOK DALAM MEMBANTU SISWA MENGELOLA TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK di SMA MUHAMMADIYAH SAMPIT

Rafiqah (Unknown)
Sahrul (Unknown)
Erna Yayuk (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam menentukan kemajuan suatu negara, dimana dari pendidikan akan membentuk sumber daya manusia yang kompeten dan siap bersaing secara global. Akan tetapi, banyak dijumpai peserta didik di jenjang pendidikan menengah yang mengalami kecemasan akademik. Tekanan akademik, kecemasan sosial dan juga adanya kompetisi antar peserta didik menjadi faktor peserta didik mengalami kecemasan akademik. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan layanan konseling kelompok dalam membantu peserta didik mengelola tingkat kecemasan akademik. Artikel ini membahas tentang penerapan konseling kelompok dalam mengatasi kecemasan akademik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kecemasan yang dialami oleh peserta didik SMAS Muhammadiyah Sampit berupa rasa gugup, khawatir juga cemas. Faktor yang mempengaruhi bentuk kecemasan tersebut dapat berupa faktor eksternal maupun intermal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konseling kelompok memiliki peran efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan akademik peserta didik. Dengan adanya konseling kelompok, peserta didik mendapatkan dukungan secrara emosional serta sosial, kesadaran diri yang meningkat serta terbangunnya kepercayaan diri terhadap kemampuan diri sendiri.Keyword : konseling kelompok, kecemasan akademik, peserta didik, bentuk dan faktor, kepercayaan diri

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...