Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

Rifka Hadia Lubis, Rayandra, Asrial, Syaiful: Analisis Kritis Kualitas Pendidikan Indonesia dalam Konteks Global: Perspektif Filsafat Pendidikan

Lubis, Rifka Hadia (Unknown)
Rayandra (Unknown)
Asrial Syaiful (Unknown)
Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pendidikan Indonesia dalam konteks global melalui pendekatan filosofis yang mencakup dimensi ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan analisis deskriptif-kritis terhadap dokumen internasional seperti OECD, UNESCO, dan World Bank, serta literatur akademik terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan Indonesia masih menghadapi tantangan serius dalam hal mutu, pemerataan akses, relevansi kurikulum, dan kompetensi guru. Data PISA 2022 menempatkan Indonesia di bawah rata-rata OECD, menunjukkan perlunya transformasi pendidikan yang lebih komprehensif. Kajian ini menegaskan pentingnya pendekatan filosofis yang menempatkan nilai-nilai Pancasila dan kemanusiaan sebagai pusat pembaruan pendidikan nasional. Implikasi penelitian mencakup penguatan kompetensi guru, reformasi kurikulum, pemanfaatan teknologi digital, serta kolaborasi internasional yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...