Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR: MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KELOMPOK ANAK SD BERDASARKAN PRINSIP KONSTRUKTIVISME.

Helmi Handoko (Unknown)
M Soinun Amrillah (Unknown)
Kasinyo Harto (Unknown)
Irja Putra Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaiaman Prinsip Kontruktivisme, Bagaimana peran guru sebagai fasilitator, bgaimana cara Meningkatkan pembelajaran kelompok anak sd berdasarkan prinsip kontruktivisme. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif artinya penelitian tentang penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik analisis data yang dipakai: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.Hasil penelitian ini memiliki tiga implikasi praktis yang perlu ditindaklanjuti oleh pihak terkait. Pertama, bagi Guru, perlu dilakukan pelatihan profesional yang intensif dan berkelanjutan yang secara spesifik fokus pada teknik scaffolding kognitif, terutama bagaimana merancang dan menggunakan pertanyaan terbuka (pemantik) untuk memandu eksplorasi siswa tanpa memberikan solusi. Kedua, bagi Sekolah (SDN 01 Jatimulyo), perlu dikembangkan pedoman standar operasional yang menekankan peran guru sebagai ''penunda jawaban'' dan ''pengelola ZPD'', serta mengintegrasikan metode evaluasi yang menilai proses scaffolding di kelas.Kedua, bagi Sekolah (SDN 01 Jatimulyo), perlu mengembangkan pedoman operasional standar yang mengharuskan peran guru sebagai ''penunda jawaban'' dan ''pengelola ZPD'', serta mengintegrasikan metode evaluasi yang menilai proses scaffolding di kelas. Ketiga, bagi Institusi Pendidikan dan Pelatihan, temuan ini menjadi masukan penting untuk merevisi kurikulum guru pelatihan, agar tidak hanya mengajarkan apa itu konstruktivisme

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...