Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam pengasuhan peran positif terhadap perkembangan psikologis anak usia dini berdasarkan landasan teori. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (penelitian literatur). Pengumpulan data dilakukan melalui pencarian di database akademik seperti Google Scholar, Semantic Scholar, dan berbagai penelitian yang relevan dalam bentuk artikel, jurnal, serta buku. Teknik analisis data berupa analisis isi digunakan untuk memastikan pemahaman yang komprehensif. Pembacaan literatur secara berulang dan pengecekan antar pustaka dilakukan untuk menjaga ketepatan pembahasan dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pengasuhan positif memainkan peran krusial dalam mendukung perkembangan psikologis anak, terutama pada masa-masa awal kehidupan yang merupakan fondasi penting bagi masa depan mereka. Pendekatan pengasuhan yang berlandaskan kasih sayang, dukungan, dan keterlibatan aktif kedua orang tua tidak hanya meningkatkan keterampilan sosial, regulasi emosional, dan kesehatan mental anak, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan rasa percaya diri dan kemandirian. Kajian ini menyoroti pentingnya pemahaman mendalam orang tua terhadap tahapan perkembangan anak guna menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang optimal. Oleh karena itu, mendorong penerapan pengasuhan positif harus menjadi prioritas dalam berbagai upaya pengembangan anak usia dini, baik melalui program pendidikan maupun kebijakan keluarga, untuk mendukung kesejahteraan anak secara menyeluruh. Kata Kunci:
Copyrights © 2025