Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOGGLE SITES PADA MATERI SENAM LANTAI UNTUK SISWA KELAS 5 SD

Junaidi (Unknown)
Siti Nurrochmah (Unknown)
Annang Widodo Raharja (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis web menggunakan platform Google Sites sebagai sarana pendukung dalam penyampaian materi senam lantai, khususnya teknik dasar gerakan guling depan (rol depan), yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan instruksional ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate, serta melibatkan dua tahap uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Proses validasi dilakukan oleh tiga pakar: ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran, yang memberikan skor validitas masing-masing sebesar 93%, 97%, dan 90%, tergolong dalam kategori sangat valid. Selanjutnya, hasil implementasi pada peserta didik menunjukkan bahwa media ini menujukan presentase yang valid, dengan perolehan skor rata-rata sebesar 86% pada uji coba kelompok kecil dan meningkat menjadi 95% pada uji coba kelompok besar. Media pembelajaran yang dikembangkan terbukti mudah diakses, menarik secara visual, serta menyajikan konten secara interaktif, sehingga mendukung proses pembelajaran yang fleksibel dan mendorong kemandirian belajar siswa. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan seperti keterbatasan akses internet dan kemampuan teknologi digital yang beragam di kalangan siswa. Secara keseluruhan, media ini menunjukkan potensi besar sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran PJOK, khususnya materi senam lantai, serta memiliki peluang untuk diadaptasi lebih lanjut dalam pengembangan media pembelajaran berbasis web di mata pelajaran lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...