Tingginya beban kerja administratif guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) seringkali menghambat fokus mereka pada pengembangan kualitas pedagogis. Permasalahan utama yang dihadapi oleh 30 guru MI Hafizh Cendekia adalah inefisiensi waktu yang disebabkan oleh proses penyusunan Laporan Hasil Belajar (Rapor) yang masih manual dan rentan kesalahan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat keterampilan teknis guru dalam otomatisasi penilaian rapor guna meningkatkan efisiensi kerja administratif. Metode yang digunakan adalah Workshop Hands-on yang diikuti dengan pendampingan intensif (coaching) terfokus pada aplikasi Microsoft Excel. Materi inti pelatihan meliputi penguasaan formula lanjutan seperti VLOOKUP dan IF Majemuk untuk konversi nilai ke predikat otomatis. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kompetensi yang sangat signifikan, terbukti dari kenaikan rata-rata skor post-test 83,5% dibandingkan pre-tes 41,25%. Luaran utama kegiatan adalah terciptanya Template Rapor Digital Otomatis yang berhasil diimplementasikan oleh seluruh peserta. Penerapan sistem otomatisasi ini berdampak langsung pada efisiensi kerja, di mana waktu pengolahan rapor dapat direduksi hingga 75%. Dengan demikian, inisiatif ini berhasil menjembatani kesenjangan digital di lingkungan mitra dan memberikan solusi praktis untuk mengurangi beban administratif, memungkinkan guru lebih fokus pada esensi pengajaran.
Copyrights © 2025