Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VII SMP N 1 Sigaluh Banjarnegara dan menguji efektivitas pemberian reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar tersebut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini meliputi bagaimana tingkat motivasi belajar PAI siswa kelas VII SMP N 1 Sigaluh Banjarnegara dan apakah pemberian reward dan punishment dapat secara signifikan meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan eksperimen quasi. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan dampak reward dan punishment diukur melalui perbandingan hasil belajar dan observasi partisipasi siswa sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment kepada peserta didik dapat memberikan gambaran komprehensif mengenai tingkat motivasi belajar PAI siswa serta membuktikan strategi reward dan punishment efektif dalam mendorong peningkatan motivasi belajar siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran PAI. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi guru PAI dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik guna meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2025