Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Tanwir. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMP Tanwir Surabaya. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII yang berjumlah 120 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) untuk variabel lingkungan belajar dan nilai rapor/nilai ujian untuk variabel hasil belajar. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan nilai signifikansi (p-value) yang lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dan koefisien regresi positif. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,385 menunjukkan bahwa 38,5% variasi hasil belajar dipengaruhi oleh lingkungan belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung di SMP Tanwir Surabaya.
Copyrights © 2025