Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Peran Guru dalam Inovasi Administrasi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Digital

Dahliah, Dahliah (Unknown)
Arismunandar, Arismunandar (Unknown)
Ardiansyah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2025

Abstract

Perkembangan teknologi dan perubahan tuntutan pendidikan menuntut sekolah untuk terus berinovasi, termasuk dalam bidang administrasi pendidikan. Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran guru dalam mendorong inovasi administrasi pendidikan serta dampaknya terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Penelitian ini merupakan kajian teoritik yang disusun berdasarkan hasil telaah dari berbagai jurnal dan buku yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa inovasi administrasi pendidikan membantu menciptakan sistem pengelolaan sekolah yang lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Guru berperan penting sebagai pelaksana dan penggerak inovasi melalui pemanfaatan teknologi, kreativitas dalam perencanaan pembelajaran, dan kerja sama dengan berbagai pihak di sekolah. Keberhasilan inovasi juga dipengaruhi oleh dukungan kepala sekolah, kebijakan pendidikan, serta kesiapan guru dalam menghadapi perubahan digital. Kesimpulannya, inovasi administrasi pendidikan tidak hanya memperbaiki sistem kerja sekolah, tetapi juga memperkuat peran guru sebagai agen perubahan dalam menciptakan pembelajaran yang bermutu. Sekolah yang mampu mengembangkan administrasi pendidikan secara inovatif akan lebih mudah beradaptasi dan berkembang di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...