Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Analisis Kemampuan Membaca Dasar melalui Media Kartu Bergambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Ki-Ali Kota Cilegon

Fahiroh, Fahiroh (Unknown)
Sari, Novita (Unknown)
Laili, Mahsiani Mina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media kartu bergambar dalam mengenalkan kemampuan membaca dasar pada anak usia 4–5 tahun di PAUD Ki Ali Kota Cilegon. Kemampuan membaca dasar merupakan tahap awal dalam proses literasi yang mencakup pengenalan huruf, bunyi huruf, serta pembentukan kata sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu tiga orang guru dan sepuluh anak usia dini yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran di PAUD Ki Ali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar mampu meningkatkan minat belajar anak, mempermudah proses pengenalan huruf dan kata, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Media ini terbukti efektif karena bersifat visual dan kontekstual, sehingga anak-anak lebih mudah mengingat dan memahami konsep dasar membaca. Guru juga berperan aktif sebagai fasilitator dalam merancang strategi pembelajaran yang menarik dan adaptif terhadap kebutuhan belajar anak. Penelitian ini merekomendasikan agar media kartu bergambar digunakan secara berkelanjutan dalam kegiatan literasi awal di PAUD sebagai salah satu alternatif media yang efektif dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...