Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran kuis interaktif, khususnya aplikasi Canva, mempengaruhi motivasi peserta didik untuk belajar tentang topik sepak bola dalam pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di sekolah dasar. Rendahnya motivasi peserta didik untuk belajar tentang sepak bola dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif adalah fokus penelitian ini. Melibatkan 61 siswa kelas VI di salah satu sekolah Madrasah Ibtidaiyah di wilayah Bungah Gresik, metode pre-eksperimental yang menggunakan Desain Satu Grup Pretest-Posttest digunakan. Angket motivasi belajar untuk digunakan instrumen penelitian, memiliki nilai validitas 0,32-0,73, lebih tinggi dari r tabel (0,28), dan nilai reliabilitas 0,90. Hasilnya rata-rata motivasi belajar meningkat dari 19,26 menjadi 25,44, dan hasil Uji-t Sampel Berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlaķuan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, kuis interaktif berbasis Canva telah terbukti meningkatkan keinginan peserta didik untuk belajar PJOK dan menciptakan lingkungan belajar yang menarik, menyenangkan, dan relevan.
Copyrights © 2026