Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas VI SD. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, siswa diperkenalkan pada teknik diskusi kelompok, yang menghasilkan peningkatan rata-rata nilai pemahaman dari 65 menjadi 75. Di siklus kedua, penambahan elemen permainan meningkatkan keterlibatan siswa, sehingga rata-rata nilai naik menjadi 85. Pada siklus ketiga, integrasi teknologi dalam diskusi kelompok menghasilkan rata-rata nilai 90. Selain peningkatan nilai akademis, penelitian ini juga mencatat perkembangan keterampilan sosial dan komunikasi siswa. Melalui observasi dan wawancara, ditemukan bahwa siswa menjadi lebih percaya diri dan aktif berpartisipasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teknik diskusi kelompok efektif tidak hanya dalam meningkatkan pemahaman konseptual, tetapi juga dalam menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan menyenangkan, mendukung perkembangan holistik siswa dalam lingkungan pendidikan.
Copyrights © 2024