JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Strategi Bersaing PT. Bonita Anugrah Pratama Kota Bukittinggi dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah

Simatupang, Yulia Asarah (Unknown)
Widianita, Rika (Unknown)
Anisah, Ariyun (Unknown)
Devy, Tartila (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis startegi bersaing yang diambil PT. Bonita Anugrah Pratama dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis SWOT, melalui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang timbul baik dari internal maupun eskternal. Hasil penelitian yang dilakukan di PT. Bonita Anugrah Pratama berdasarkan analisis SWOT pada faktor internal (IFE) menunjukkan bahwa skor kekuatan lebih besar dibandingkan dengan skor kelemahan, sedangkan pada analisis faktor eksternal (EFE) skor peluang lebih besar dibandingkan dengan skor ancaman. Dari analisis bobot skor yang terdapat pada pembahasan menunjukkan bahwa skor S+O (Strength+Opportunities) yaitu 3,95. Total skor S+T (Strenghts+Threats) yaitu 3,1. Total skor W+O (Weknesses+Opportunities) yaitu 2,73. Dan total skor W+T (Weaknesses+Threats) yaitu 1,88. Dari analisis bobot skor tersebut dapat dilihat bahwa faktor kekuatan dan faktor peluang (S-O) memiliki nilai bobot skor paling tinggi yaitu 3,95 jika dibandingkan faktor yang lainnya. Sehingga dalam strategi bersaing dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah, pihak PT. Bonita Anugrah Pratama Kota Bukittinggi dapat menerapkan startegi S-O (Strength-Opportunities) yang nilainya sebesar 3,95, diikuti dengan strategi S-T (Strenghts-Threats), W-O (Weknesses-Opportunities), dan W-T (Weaknesses-Threats).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...