JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Dampak Ketidakmampuan Membaca terhadap Prestasi Akademik Siswa SMPN 1 Mappakasunggu

Nurwahidah, Nurwahidah (Unknown)
Khairunnisa, Ridha (Unknown)
Haniah, St. (Unknown)
Yasriati, Yasriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh ketidakmampuan membaca terhadap prestasi akademik siswa di SMP Negeri 1 Mappakasunggu, Kabupaten Takalar. Masalah literasi membaca masih menjadi persoalan nasional, terbukti dari hasil PISA 2022 yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-72 dari 81 negara dan data Asesmen Nasional yang menunjukkan lebih dari 50% siswa SMP memerlukan intervensi pada aspek literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan triangulasi sumber untuk menjamin validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakmampuan membaca berdampak langsung terhadap rendahnya prestasi akademik. Siswa dengan kemampuan membaca rendah hanya memahami teks secara literal, kesulitan menarik makna inferensial, dan sering keliru menjawab soal berbasis teks. Kondisi ini menunjukkan pentingnya penguatan literasi membaca melalui kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah menengah pertama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...