JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Staretegi Pemasaran: Studi Kasus Keripik Rumah Adat Minang dan Shafa Snack di Kota Medan

Nurintan, Nurintan (Unknown)
Marbun, Sahala Fransiskus (Unknown)
Purba, Hetti Melinda (Unknown)
Naibaho, Anas Fela (Unknown)
Siburian, Feny Cristanti (Unknown)
Hasugian, Rusniatri (Unknown)
Nona, Rud Sahanaia Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2025

Abstract

Persaingan ketat di pasar oleh-oleh Kota Medan yang dipicu oleh tingginya volume perdagangan dan pariwisata menuntut pelaku usaha menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan strategi bauran pemasaran (4P) antara Toko Keripik Rumah Adat Minang dan Shafa Aneka Snack, serta mengidentifikasi faktor utama yang menyebabkan keunggulan salah satu toko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif komparatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Shafa Snack lebih unggul dengan rata-rata skor 4,82 (kategori Sangat Baik) dibandingkan Rumah Adat Minang dengan skor 3,75 (kategori Baik). Keunggulan Shafa Snack menonjol pada aspek Produk (variasi lengkap), Harga (kompetitif), dan Promosi (aktif digital dan pelayanan prima). Kelemahan utama Rumah Adat Minang adalah manajemen stok yang buruk. Disimpulkan bahwa sinergi 4P yang konsisten menciptakan keunggulan kompetitif Shafa Snack di tengah dinamika persaingan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...