Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, efektivitas dan kepraktisan modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara Model pengembangan 4-D. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Validitas modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan adalah sangat valid; 2) modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan efektif digunakan. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan modul ini tuntas karena 80% dari subjek uji coba memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dan adanya aktivitas yang positif dari siswa; 3) Kepraktisan modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan adalah praktis digunakan. Hal ini diperoleh dari hasil analisis data respons siswa terhadap modul yakni siswa memberikan respons yang positif. dan 4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan menggunakan modul modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning berada pada kriteria sedang. Penelitian ini juga menjadi referensi bagi pengembangan modul pembelajaran serupa di jenjang dan konteks pendidikan lainnya.
Copyrights © 2025