Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 6, No 2 (2025): Indonesian Journal of Social and Educational Studies (Article in Press)

Peran Pengetahuan terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa dalam Penerapan Prinsip Daur Ulang Sampah

Suryani, Hamidah (Unknown)
Nurhijrah, Nurhijrah (Unknown)
Qur'Ani, Besse (Unknown)
Purnamasari, Fitry (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2025

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengetahuan mahasiswa serta menguji pengaruh pengetahuan terhadap sikap mahasiswa dalam menerapkan prinsip daur ulang sampah pada mata kuliah Kerajinan. Permasalahan pengelolaan sampah di Indonesia masih menjadi isu strategis. Perguruan tinggi sebagai agen perubahan memiliki tanggung jawab dalam membentuk kesadaran dan perilaku ramah lingkungan di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 100 mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar, yang diambil secara purposive. Data dikumpulkan melalui kuesioner berskala Likert (1–5) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data meliputi statistik deskriptif dan uji regresi sederhana menggunakan Eviews 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa berada pada kategori sedang (50 %) dan tinggi (45 %), sedangkan 5 % tergolong rendah. Uji regresi menghasilkan nilai signifikansi 0,02 (< 0,05), koefisien regresi 0,112, dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,053. Hal ini mengindikasikan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap mahasiswa dengan kontribusi sebesar 5,3 %. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pengetahuan konseptual dan aplikatif mengenai prinsip daur ulang berperan penting dalam membentuk sikap positif mahasiswa terhadap pengelolaan sampah, sehingga pendidikan lingkungan berbasis praktik perlu diintegrasikan dalam proses pembelajaran kerajinan. Kata Kunci: Daur Ulang, Mahasiswa, Pengetahuan, Sampah, Sikap

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...