Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 3 (2025): NOVEMBER 2025

PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI METODE PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI FOTOSINTESIS DI SD

Rini, Meti Wisma (Unknown)
Cahyani, Elsa Wulan (Unknown)
Inganah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode praktikum dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi fotosintesis di sekolah dasar. Fotosintesis merupakan salah satu materi penting yang harus dipahami siswa kelas IV. Subyek penelitian terdiri dari 73 siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui kajian literatur dan analisis deskriptif untuk menganalisis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode praktikum dapat meningkatkan pemahaman siswa, yang ditunjukkan dengan sebanyak 90% siswa memperoleh nilai diatas 85. Dari nilai tersebut dapat diartikan jika nilai tersebut memenuhi KKTP. Selain itu metode ini juga meningkatkan interaksi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang memungkinkan siswa memahami fotosintesis secara konkret serta merangsang keterampilan berpikir kritis dan kerja sama antar siswa. Penelitian ini menyarankan metode praktikum menjadi strategi pembelajaran untuk memerkuat pemahaman IPAS di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...