GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 3 No 05 (2025): OKTOBER 2025

PENGENALAN BAHASA JERMAN BAGI SANTRI TPQ AL-ABQARIYYAH DALAM RANGKA PENGEMBANGAN WAWASAN

Isnaeni, Isnaeni (Unknown)
Kurnianti, Adha (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)
Nursalam, Nursalam (Unknown)
Hukom, Julham (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar bahasa Jerman kepada santri di TPQ Al-Abqariyyah sebagai upaya menumbuhkan wawasan multibahasa sejak dini. TPQ Al-Abqariyyah yang berlokasi di Perumahan Cakra Hidayat Regency, Desa Taeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, memiliki sekitar 80 santri yang terbagi dalam beberapa jenjang, mulai dari prasekolah hingga kelas E. Program bahasa Jerman difokuskan pada santri kelas D dan E, kelompok usia yang lebih tua, yang beberapa di antaranya telah menempuh pendidikan SMP. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan komunikatif, didukung oleh media visual dan audio, serta permainan edukatif yang menarik untuk menumbuhkan minat belajar bahasa asing. Hasil pengabdian menunjukkan antusiasme santri yang tinggi dalam mempelajari kosakata dasar bahasa Jerman, seperti sapaan, angka, dan benda-benda di sekitar mereka. Selain meningkatkan keterampilan berbahasa, kegiatan ini juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya penguasaan bahasa asing sebagai bekal santri untuk menjadi generasi yang terbuka terhadap dunia global tanpa meninggalkan nilai-nilai Islam yang telah dipelajari di TPQ.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...