Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui praktik pembelajaran, keteladanan, dan dukungan institusional di SMP Islam Al Azhar 52 Kota Bengkulu. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan strategi pedagogik yang adaptif, kontekstual, dan berpusat pada nilai, sehingga mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi keagamaan. Keteladanan guru dalam aspek perilaku, komunikasi, dan spiritualitas menjadi pilar utama yang memperkuat profesionalisme dan membentuk karakter siswa secara efektif. Selain itu, lingkungan sekolah memberikan dukungan signifikan melalui kebijakan, supervisi akademik, pelatihan, fasilitas pembelajaran, serta kultur religius yang kondusif. Secara keseluruhan, temuan penelitian menegaskan bahwa kompetensi profesional guru PAI merupakan hasil dari sinergi antara penguasaan pedagogik, integritas kepribadian, dan dukungan ekosistem sekolah yang berkelanjutan.
Copyrights © 2025