Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun kapasitas guru dalam menerapkan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) guna menunjang literasi sains siswa di SDN Ketintang Surabaya. Program ini dilaksanakan dengan pendekatan participatory training and mentoring yang melibatkan 10 guru kelas I–VI. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan guru terkait penerapan CTL, dengan rata-rata skor pengetahuan meningkat dari 60% menjadi 78%. Sebagai implementasinya, guru berhasil merancang dan melaksanakan pembelajaran IPA berbasis konteks nyata, eksperimen sederhana, serta refleksi ilmiah yang teramati mampu mendorong keaktifan dan minat siswa terhadap sains. Luaran penting lainnya adalah terbentuknya komunitas belajar guru sebagai wadah kolaborasi berkelanjutan. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan partisipatif berbasis CTL efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi tumbuhnya literasi sains siswa.
Copyrights © 2025