Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah Kota Bengkulu

Yusuf, Muhammad (Unknown)
Satrisno, Hengki (Unknown)
Syarifin, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami di SMA Muhammadiyah Kota Bengkulu. Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam. Dalam konteks ini, guru PAI menjadi figur sentral dalam proses internalisasi nilai-nilai moral, etika, dan spiritualitas yang membentuk kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam dengan guru PAI, observasi kelas, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan materi ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMA Muhammadiyah Kota Bengkulu tidak hanya berfungsi sebagai pengajar materi agama, tetapi juga sebagai pembimbing yang aktif dalam membentuk perilaku siswa berdasarkan nilai-nilai karakter Islami. Guru PAI menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kasih sayang, disiplin, dan rasa hormat kepada orang lain melalui berbagai metode pengajaran, kegiatan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, peran guru juga melibatkan kolaborasi dengan orang tua dan pihak sekolah dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru PAI memiliki peran yang sangat strategis dalam menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter Islami yang kuat dalam kehidupan sosial dan spiritualnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...