JUMANDIK
Vol 4 No 2 (2025): (Mei-Agustus) Jurnal Manajemen & Pendidikan

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Orang Tua TK Al Islam Pamulang Tangerang Selatan

Hindriari, Reni (Unknown)
Astria, Kenny (Unknown)
senen, senen (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat Pengaruh Kualitas Pelayanan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Orang Tua Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada TK Al Islam Pamulang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey yang menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah 110 responden. Berdasarkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan TK Al Islam Pamulang sebesar 64,7%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan pada TK Al Islami baik hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, dan empati kecuali jaminan yang kurang baik menanggapi pada TK Al Islam Pamulang. Sedangkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kepuasan orang tua siswa pada TK Al Islam Pamulang sebesar 67,47%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan orang tua siswa pada TK Al Islami puas hal ini dapat ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai membeli lagi, merekomendasikan (word of mouth) dan konfirmasi harapan pada TK Al Islam Pamulang. Berdasarkan hasil analisis korelasi Spearman Rank dapat diketahui korelasi antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Orang Tua Siswa yaitu sebesar 0,329. Karena nilai koefisien berada pada rentang 0,20 – 0,399 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan orang tua siswa pada TK Al Islam Pamulang adalah rendah. Didalam hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,00<0,05 hal itu menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan orang tua siswa yang signifikan dengan demikian hipostesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif terbukti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jumandik

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Manajemen & Pendidikan [JUMANDIK] membahas secara rinci berbagai penelitian empiris tentang topik bisnis, manajemen, dan pendidikan. Jurnal ini menyediakan wadah pertukaran keilmuan bagi akademisi, praktisi, dan peneliti mandiri dengan menerbitkan penelitian empiris yang berkualitas, yang ...