Kinerja pegawai di Puskesmas X merupakan elemen strategis dalam menjamin mutu layanan kesehatan primer, sehingga perlu ditingkatkan melalui pendekatan sistematis terhadap faktor-faktor internal pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kinerja. pegawai dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas X Samarinda pada tahun 2025. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dengan teknik pengambilan sample yaitu Total Sampling dan jumlah 54 responden, penelitian dilakukan di Puskesmas X dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi-Square sedangkan analisis multivariat menggunakan Analisis Regresi Logistik Hasil penelitian menunjukkan hubungan signifikan antara tekanan kerja (p=0,016), kepuasan kerja (p = 0,034) , dan loyalitas ( p = 0,007) terhadap kinerja pegawai Puskesmas X. Namun, tidak ditemukan hubungan antara kemampuan (p= (0,651) dan rekan kerja (0,313) dengan kinerja pegawai. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai adalah loyalitas (Exp (B) = 4,714 yang mengindikasikan bahwa pegawai dengan loyalitas yang cukup memiliki peluang 4,7 kali lebih besar untuk menunjukkan kinerja yang baik dibandingkan dengan pegawai yang loyalitas nya kurang mendukung. Disarankan Puskesmas mengadakan pelatihan dan pengembangan kompetensi secara berkala menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dengan menanamkan nilai-nilai budaya organisasi yang positif agar tercipta kinerja yang baik.
Copyrights © 2026