Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 3 (2025): BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat

PENTINGNYA PEMAHAMAN KONSEP STP DAN 4 P BAGI WIRAUSAHA

Tanuwijaya, Justine - (Unknown)
Pratomo, Luki Adiati (Unknown)
Riorini, Sri Vandayuli (Unknown)
Matusin, Ina Oktaviana (Unknown)
Derita, Anastasia Mariana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2025

Abstract

Dalam persaingan bisnis saat ini, pemahaman konsep STP (segmenting, targeting, positioning) dan 4 P (product, price, promotion dan place)/bauran pemasaran bagi wirausaha menjadi sangat urgen agar menjadi wirausaha yang berhasil dalam berusaha. Selain itu usaha yang dikelola dapat bertahan dan berkembang   Penerapan konsep STP dan 4 P dalam pemasaran bertujuan agar produk ataupun jasa yang dihasilkan dapat diterima, disukai, dan dibeli oleh calon konsumen. Diharapkan pembelian dapat terjadi berulang kali. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan bagi para siswa angkatan 28 Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova (SKBAC) yang mayoritas telah menjalankan usaha yang berbeda jenis, seperti kuliner, laundry, biro jasa, jual beli barang bekas, jasa privat, dan sebagainya. Pemberian materi penyuluhan sangat bermanfaat bagi peserta.. Hal ini terlihat dari nilai post test yang menunjukkan peningkatan pemahaman konsep. Para peserta berharap ke depannya bisa diberikan pendalaman materi serupa dengan misalnya membahas tentang penentuan harga (pricing). Kata kunci : bauran pemasaran, positioning, segmenting, targeting, wirausaha

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JAIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS diterbitkan 2 (dua) kali setahun (April dan Oktober) oleh LPPM STIE AAS. Terbit pertama pada bulan Oktober 2019. BUDIMAS memuat hasil pengabdian kepada masyarakat dalam segala bidang. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, ...