Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 5, No 7 (2017): Jurnal Bioterdidik

Hubungan Bimbingan Belajar di Luar Sekolah dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Biologi

Diana Nurlinggasari (Universitas Lampung)
Arwin Achmad (Universitas Lampung)
Rini Rita T Marpaung (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2017

Abstract

This study aimed to describe the core-lation of tutoring activities out of the school and the motivation to learn with the achievement of biology learning. The samples in this research were XI Science grade students at Senior High School 9 Bandar Lampung who followed the tutoring activities out of the school. The samples ware determined by using nonprobability technique with saturated sampling. Data of research were quantitative that include the results of questionnaire guidance, learning motivation, and also learning outcomes from teachers. The data were analyzed quantitatively used SPSS 16. The result of the research showed that there was no significant correlation between tutoring activities and biology learning achievement (r = -1.237). There way sig-nificant corelation between learning motivation and biology learning achievement (r = 0,217). There was significant corelation between tutoring activities and learning motivation with biology learning achievement (r = 0,248).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan bimbingan belajar di luar sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar biologi. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandar Lampung yang mengikuti bimbingan belajar yang ditentukan menggunakan teknik sampling nonprobability melalui sampel jenuh. Data penelitian yaitu data kuantitatif yang berupa hasil angket bimbingan belajar dan motivasi belajar serta hasil belajar dari guru. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara bimbingan belajar di luar sekolah dengan prestasi belajar biologi (r=-1,237). Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar biologi (r=0,217). Terdapat hubungan signifikan antara bimbingan belajar di luar sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar biologi (r=0,248).Kata kunci: bimbingan belajar, motivasi belajar, prestasi belajar biologi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...