Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode pembelajaran berbasis projek (Project-Based Learning/PjBL) dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Media Pembelajaran Kejuruan. Kompetensi yang dikembangkan mencakup keterampilan teknis dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan vokasional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Semester 6 yang dipilih sebagai sampel karena relevansi mata kuliah dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia industri dan pendidikan kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi-experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design, di mana mahasiswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan mendapatkan pembelajaran berbasis projek, sementara kelompok kontrol akan belajar dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes kompetensi sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif dan inferensial untuk melihat perubahan kompetensi mahasiswa antara kelompok eksperimen dan kontrol, sedangkan uji t digunakan untuk perbedaan yang signifikansi hasil antara kedua kelompok. Hasil penelitian memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai efektivitas metode PjBL dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa, khususnya dalam pembuatan media pembelajaran kejuruan.Kata Kunci: Project-Based Learning, Media Pembelajaran Kejuruan, Metode Kuantitatif, Quasi-Experiment, Pendidikan Teknik Otomotif
Copyrights © 2025