Pendekatan pembelajaran Make and Match merupakan metode kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa secara menyenangkan dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MA Miftahul Jannah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan service learning (SL) yang mencakup tahap investigasi, persiapan, tindakan, dan refleksi, sehingga siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis, tetapi juga mampu mempraktikkan materi secara langsung melalui kegiatan yang interaktif dan bermakna. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan membentuk kelompok siswa, mengerjakan tugas mencocokkan pertanyaan dan jawaban, serta melakukan diskusi dan refleksi bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Make and Match mampu meningkatkan keaktifan, pemahaman, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlaq. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan rasa percaya diri melalui kegiatan refleksi yang dilakukan di akhir proses pembelajaran. Tahapan refleksi yang dilakukan menegaskan bahwa metode ini efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Secara keseluruhan, model pendampingan ini berhasil memperkuat proses pembelajaran yang aplikatif, menyenangkan, dan bermakna dalam rangka mencapai kompetensi siswa
Copyrights © 2025